Pages

Banner 468 x 60px

 

Saturday, September 15, 2012

Kabupaten Kediri Penghasil Lele Terbesar,

0 comments
70 persen kebutuhan ikan lele di Jawa Timur berasal dari Kabupaten Kediri, tetapi komoditi ikan lele dipasaran justru diakui dari daerah lain.
 
Kondisi itu terjadi pada komoditi ikan lele hasil peternak di Kabupaten Kediri dipasarkan atas nama daerah lain, penyebabnya para peternak selama ini mendapatkan modal dari pengusaha diluar Kediri termasuk pola pemasaran yang sepenuhnya ditangani pemodal.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri, Sri suparmi mengatakan, selama bertahun tahun ikan lele diakui sebagai komoditi dari luar kediri, padahal ikan lele kualitas bagus, kebanyakan berasal dari peternak di Kabupaten Kediri.

Sri suparmi menegaskan, pihaknya cukup kesulitan mengubah pandangan konsumen tentang ikan lele dari kediri, karena pangsa pasar selama ini dikuasai pemodal dari luar kediri, meskipun budidaya ikan lele berada di Kabupaten Kediri.

“memang itu terjadi karena dari inti (pemodal) sendiri mampu memberikan suplai seperti makanan serta pemasarannya,”terangnya,Jumat (14/9/12)

Sesuai data, produksi ikan lele dari para peternak di Kabupaten Kediri mencapai 12 hingga 14 ton perhari. Ikan lele selain dipasarkan diwilayah Kediri juga ke beberapa daerah di Jawa Timur hingga luar pulau Jawa, bahkan 70 persen kebutuhan ikan lele di Jawa Timur dipasok dari Kabupaten Kediri.

Sumber : kedirijaya

0 comments:

Post a Comment